Wednesday 4 June 2014

Sanggahan Platini Atas Tuduhan Korupsi



michel platiniPresiden UEFA Michel Platini mengklaim upaya yang dilakukan untuk menodai citra di atas dukungannya terhadap pencalonan Piala Dunia Qatar 2022 ini .

Platini telah menulis surat kepada Daily Telegraph terkaiit headline surat kabar tersebut yang berjudul " Qatar Piala Dunia 2022 . Perancis terlibat dalam skandal korupsi "

Laporan itu menuduh bahwa Platini dan mantan presiden konfederasi Asia Mohamed bin Hammam , yang berasal dari Qatar , mengadakan pertemuan rahasia terkait dukungannya terhadap Qatar sebagai host Piala Dunia 2022 .

Namun Platini menegaskan pertemuan dengan Bin Hammam adalah untuk mencoba menjajaki kemungkinan dirinya mencalonkan diri sebagai presiden FIFA - dan tidak terhubung ke tawaran Qatar .

Dalam suratnya , Platini mengatakan : " Sayangnya , saya tidak lagi terkejut dengan beredarnya gosip tak berdasar yang bertujuan untuk menodai citra saya , terutama dalam seperti waktu yang penting bagi masa depan sepak bola .

" Saya merasa mengherankan bahwa percakapan dengan sesama anggota komite eksekutif FIFA bisa tiba-tiba berubah menjadi masalah negara .

" Saya telah jelas bertemu dengan Mr Mohamed Bin Hammam pada banyak kesempatan di tahun 2010 karena kami berdua anggota komite eksekutif FIFA yang sama sejak tahun 2002 .

" Selama percakapan dengan Mr Bin Hammam , topik diskusi adalah pencalonan potensi saya sebagai presiden FIFA . Mr Bin Hammam memang berusaha untuk meyakinkan saya untuk menjadi calon  pemilihan presiden FIFA 2011 . "

Platini adalah satu-satunya anggota FIFA telah mengumumkan kepada public bahwa untuk Piala Dunia 2018 dan 2022  - ia memilih Rusia dan Qatar .

Dalam suratnya , Presiden UEFA melanjutkan: " Selain itu, saya ingin tegaskan bahwa saya satu-satunya anggota komite eksekutif FIFA yang menyatakan kepada publik tentang dukungan saya terhadap rusia dan qatar sebagai - bukti transparansi  - dan bahwa tidak ada mendikte saya atas keputusan ini. "

Platini belum memutuskan apakah akan mencalonkan diri sebagai presiden FIFA pada 2015 , tetapi langkah tersebut terlihat tidak mungkin . Bin Hammam pernah bersaing dengan Sepp Blatter sebagai presiden pada tahun 2011 , tetapi dibatalkan pada malam pemilihan setelah terlibat dalam skandal korupsi .

Dia dijatuhi hukuman seumur hidup oleh komite etik FIFA pada tahun 2012 untuk " konflik kepentingan " , pada saat itu dia menjabat Presiden AFC .

No comments:

Post a Comment